Thursday, August 28, 2008

[Tips] Sebelum Ngirim Naskah

1. Baca dulu ketentuan pengiriman naskah
Soalnya terkadang tiap penerbit punya aturan masing2 dalam pengiriman naskah. Entah formatnya atau cara pengirimannya. Biasanya ini ditulis di website-nya kok, rajin2 search ya!

2. Cari tahu genre yang diinginkan penerbit
Ini penting! Kalo naskah kamu gak sesuai dengan genre yang diinginkan penerbit, kemungkinan besar naskah kamu langsung ditolak. Cara tahu nya? Coba beli sample buku yang diterbitkan penerbit tsb, terus baca deh...! ^^ Setidaknya kamu bakalan punya gambaran tentang jenis buku yang diinginkan penerbit.

3. Sertakan amplop dan perangko balasan
Lakukan hal ini kalo kamu gak mau naskah kamu dicemplungin ke laut seandainya ditolak. Hehehe... Ini kan cuma buat jaga2... Mending naskah kamu dibalikin kan daripada ilang entah kemana.

4. Sabar menunggu
Yg ngirim ke penerbit gak cuma kamu seorang. Jawaban untuk naskah kamu bisa didapat dalam hitungan minggu atau bahkan bulan. Biasanya sih sekitar 3 bulan paling lambat. Kalo dalam 3 bulan kamu gak dapet jawaban, kamu boleh telepon ke penerbitnya. Tapi tetep inget ama sopan santun kamu. Gak perlu teleponin penerbit tiap hari. Kasih waktu juga dong buat penerbit... ^^

5. Kirim yang terbaik
Sebelum kirim naskah kamu, usahakan kamu revisi naskahmu sendiri. Jangan ngirim naskah yang masih belepotan (banyak salah pengetikan atau layout masih berantakan)... Inget, kamu dinilai berdasarkan apa yang kamu kirimkan lho...

6. Jangan berdiem diri
Selagi naskah yang kamu kirim lagi diseleksi penerbit, coba buat naskah lainnya. Jadi seandainya kamu ditolak, kirim lagi naskah yang lain! Jangan patah semangat! Dan kalo bisa, bikin dengan tema yang berbeda dari sebelumnya... Dan kalopun naskah yang pertama ditolak, jangan langsung galo lobang terus dikubur. Coba revisi ulang lagi, dimana letak kesalahan kamu.

7. Terbuka pada kritik
Kalo naskah kamu dikritik penerbit dan minta direvisi, jangan sakit hati. Justru penerbit ngasih saran supaya naskah kamu bisa jadi lebih baik dari sebelumnya, dan jd laku di pasaran. Kalo laku, siapa yang seneng? ^^

8. Siap mental kalo ditolak
Jangan sampe kalo ditolak kamu langsung ngerasa down dan gak mo nulis lagi. Siapkan mental terlebih dulu. Inget, buku2 terkenal sekalipun pernah ngerasain berkali2 ditolak penerbit... Sapa tau nantinya naskah kamu punya nasib sama seperti buku2 itu?

Moga2 tips ini cukup membantu kamu ya ^^

No comments: